Teknik Bela Diri Dasar Muay Thai Jakarta Barat Bagi Petarung Pemula

Teknik Dasar Bela Diri Keras Muay Thai – Peminat seni bela diri Muay Thai asal Thailand sekarang ini telah memiliki cukup banyak peminat di Indonesia dan menjadi salah satu seni bela diri yang cukup populer. Kategori olahraga keras yang bermula dari olahraga nasional khas kerajaan Thai ini juga dikenal dengan nama Tinju Thai (Thai Boxing).

Dalam kompilasi gerakannya, gaya seni bela diri Muay Thai persis dengan beberapa gaya bela diri dan teknik bertarung ala Muay Lao (Laos), Lethwei (Myanmar), Tomoi (Malaysia), Pradal Serey (Kamboja), dan olahraga bela diri Indocina lainnya.

Kemiripan Muay Thai dengan Kickboxing terkadang juga membuat orang beranggapan bahwa keduanya adalah sama. Padahal teknik dasar muay thai maupun kickboxing memiliki gerakan yang jika dicermati akan terlihat berbeda. Oleh karen itu, baik muay thai ataupun kickboxing tidak bisa dianggap sama.

Seiring dengan terus diperhatikannnya cabang olahraga bela diri Muay Thai, komunitas muay thai di berbagai daerah di Indonesia mulai bermunculan seperti di wilayah Jakarta Barat salah satunya.

Komunitas Muay Thai Jakarta Barat https://www.carijasa.co.id/services/577/muay-thai/dki-jakarta/jakarta-barat.html terus menggencarkan latihan dasar pada teknik bela diri yang bertumpu pada senjata alami tubuh sehingga para pemula diharapkan mampu menguasai teknik dasar dan menjadi kandidat atlit profesionla di masa mendatang.

Teknik Bela Diri Dasar Muay Thai Pemula

Terdapat beberapa teknik dasar dalam bela diri keras muat thai yang berkonsentrasi pada tumpuan tangan dan kaki seperti:

1. Pukulan
Gerakan memukul menjadi hal dasar pada teknik Muay Thai yang harus dikuasai. Dalam prakteknya, terdapat 4 penerapan jenis teknik, yaitu:
a. Meninju lawan dengan target berfokus pada wajah dan area tubuh bagian depan lawan. Gerakan yang disebut Jab ini dilakukan dengan kepalan tangan yang meninju area target secara lurus.
b. Membuat gerakan memancing lawan menggunakan tangan kiri dan bersiap meninju area tubuh lawan secara lurus. Terknik bernama Strike ini akan memberikan efek rasa sakit yang berarti bagi lawan akibat dari ayunan pukulan yang sangat kuat.
c. Menyasar bagian samping tubuh lawan dengan pukulan kuat pada posisi menyamping. Gerakan Hook ini juga dapat di explore dengan memukul pada setiap tubuh bagian samping lawan.
d. Membuat pukulan melalui ayunan tangan dari arah bawah ke atas dengan target bagian depan dan samping tubuh lawan. Teknik memukul yang disebut Upper Cut ini cukup mengeretak apabila mengenai bagian kepala atau dagu lawan.

2. Pitingan
Teknik ini serupa dengan petarung gulat di mana gerak lawan dikunci dengan gerakan memiting bagian kepala, leher atau badan lawan sehingga lawan dapat terjatuh dan akan memberi keleluasaan dalam melancarkan serangan pukulan berikutnya.

3. Tendangan
Gerakan menendang lawan ini dilakukan dengan High Kick yang mengincar bagian kepala lawan, Low Kick yang mengincar tubuh lawan bagian bawah, Middle Kick yang mengincar bagian pinggang, dan Push Kick untuk menjatuhkan tubuh lawan.

4. Hantaman Dengkul
Menyerang lawan menggunakan lutut menjadi bagian dari teknik dasar dalam Muay Thai. Teknik yang disebut mendengkul ini menggunaan beberapa gerakan seperti Hook Knee untuk meyerang bagian depan tubuh lawan, Circle Knee untuk menyerang bagian samping tubuh lawan dan Upper Cut Knee untuk menyerang bagian depan tubuh lawan secara langsung.

5. Sikut
Selain memberikan serangan dengan pukulan tangan, menyikut lawan menjadi gerakan menyerang yang sangat kuat dan efektif dalam memberikan hantaman serangan pada lawan. Teknik-teknik yang dipakai dalam menyikut lawan ini berupa Sikutan Vertikal, Sikutan Horisontal, Smashing Elbow, Flying Smashing Elbow, dan Upper Cut Elbow.

6. Dorongan Kaki
Pertarungan dalam Muay Thai tidak hanya selalu menyerang, gerakan bertahan juga sangat penting untuk dikuasai. Mendorong lawan dengan dorongan kaki bisa menjadi gerakan kontrol jaran dan menghindari serangan lawan.

7. Block
Sementara teknik block menjadi gerakan defensif dalam menangkis setiap serangan yang dilancarkan oleh lawan. Dengan teknik bertahan seperti ini area rahang dan rusuk akan lebih telindungi. Agar teknik blcok dapat dikuasai secara maksimal diperlukan latihan pendukung seperti squat.

Dengan fokus pada penguasaan teknik dasar bela diri muay thai, kesiapan dalam bertarung akan membangun rasa percaya diri tinggi sehingga mampu merajai arena pertarungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *